anything

Pengalaman Insisi Bintitan

Lanjutan dari post sebelumnya ya guys πŸ™‚

Masih tentang BINTITAN A.K.A HORDEOLUM A.K.A STYE A.K.A TIMBILAN A.K.A BINTILAN yang bikin pede ambruk.

Jadi karena udah hampir dua minggu bintitan ga mau kempes-kempes juga dari kelopak mataku yang padahal udah aku pake segala macem cara yang disebutin di blog-blog lain, akhirnya aku memutuskan untuk ke dokter mata lagi. Kali ini aku ke Jakarta Eye Center (JEC) yang di Kedoya hari Senin 14 April 2014. Aku nulis ini di blog aku untuk share pengalamanku, bukan ngomongin pihak tertentu ya πŸ™‚

Aku bukan dari pihak JEC tapi menurut pengalamanku, JEC itu oke banget pelayanannya. Cepat, ga ribet mesti kesana-kemari, harganya juga reasonable. Menurut kesotoyan aku, dokter-dokter disana sih pinter-pinter hahaha.. Serius sih ini, tau JEC juga gara-gara temen gue follow twitternya salah satu dokter mata JEC dan suka konyol-konyolan di twitter. Suka ngasih kultwit tentang kesehatan seputar organ mata juga. Kan mata penting banget, sakit mata juga paling bikin ga pede.

Selama nunggu dipanggil ke dokter, mata gue diperiksa dulu minus dan tekanan bola mata untuk mengetahui ada resiko glaukoma atau ga. Tes glaukoma ditiup-tiup gitu.. (apaan sih nulis ga jelas banget hahaha)

Aku waktu itu pilih Dr. Cosmos karena waktu itu antriannya paling dikit. Males antre hehehe..

Dokternya sabar sama pasiennya, gue nanya-nanya banyak juga dijawab dengan jawaban yang memuaskan. Kan ada juga dokter yang dikit banget ngasih keterangan, padahal keterangannya penting jadi kita tau kita itu kenapa.

Jadi menurut dokternya, bintitan itu kan ada dua, bintitan luar atau bintitan dalam. Nah yang gue derita ini DUA-DUANYA! Pantes ga mempan booo pake macem-macem! Dokternya juga nanya riwayat obat yang aku pake apa aja. Kemaren ini aku udah pake Cendo Floxa, Cendo Xitrol, Terramycin, minum Clindamycin, Cataflam terus ganti Anti-Flamin. Kata dokternya semuanya obatnya udah bener dan harusnya udah kempes karena dosisnya dan pemakaiannya udah tepat. Tapi mungkin karena saking besarnya ini bintit yang nangkring di mata aku jadi sampe ga mempan 😦 Fyi, aku juga udah nyoba bawang merah, bawang putih, air sirih, air kencing/urin, air hangat dikasih garam, sampe minum kembang bulan ga mempan juga nih super bintit. Hegh!

Dokternya bilang bintitan luar biasanya karena sisa make up yang ga bersih dan kucek-kucek mata pas mata atau tangan kotor. Kalo bintitan dalam biasanya kotor karena alergi makanan dan debu bagi pemakai motor ataupun yang aktivitas tinggi di luar ruangan yang terpapar debu. Emang sih aku suka cuci muka dan sisa eyeliner ketinggalan masih item-item dikit gitu tapi ternyata itu memicu peradangan di kelopak mata dan jadilah bintitan. Seingetku juga dua minggu terakhir ini aku makan telor terus tiap hari. Pantesan jadi deh bintitan luar dan dalam.. Huaaaaaa ga lagi deh ninggalin sisa make up di manapun juga sebelum tidur. Hiks!

Akhirnya, mau ga mau insisi deh. Operasi kecil aja sih sebenernya. Tapi ini kan operasi pertama seumur hidup. Deg-degan bangeeeet. Takut sakiiit kayak pengalaman blogger-blogger lain 😦 Aku pilih insisi hari ini juga aja biar plong deg-degannya ga kebawa tidur. Aku juga bilang sama dokternya aku ga mau terasa sakit soalnya takut. Dokternya bilang iya tenang aja nanti dibuat ga sakit operasinya.

Dokternya sebelum operasi juga minta aku untuk cek darah untuk tau beku darahnya gimana. Ga lama juga kok, ga sampe 10 menit antrenya. Weehh makin cepet juga dong operasinya O.o

Setelah lapor sama susternya udah selesai cek darah, aku diarahkanΒ  naik ke lantai 4 untuk ke Ruang Tindakan (nah loh!)

Nih jantung udah ga keruan. Gelisah bgt rasanya. Taku-takut mau gitu. :))

Di dalam Ruang Tindakan, daerah mataku disterilin, dioles sekeliling mata termasuk si super bintit pake cairan di kapas yang rasanya perih pas kena si super bintit. Mungkin semacem disinfektan gitu ya..Mataku ditetes yang katanya bius tetes. Rasanya perih sedikit tapi ga perih-perih banget kok. Suster masih siap-siapin semua peralatan sambil aku ngelirik ke arah suster yang ngambilin macem-macem jarum (o.O), semacem spatula kecil, kapas, kain kassa, cotton bud dll sesuai dengan arahan si dokter. Si dokter make sure aku udah siap operasi dan keadaan sekitar mata udah steril dgn nanya ke suster sampe dua kali sambil pake sarung tangan latex. Kemudian aku dipakein penutup muka yang bolong satu di daerah mata. Kayak di film-film gituu, ngahahahaa.. Dokternya dipakein lup sama suster yang modelnya kayak kacamata X-Men. Bihihiik :)) Dipakein sama suster bukan gara-gara manja, biar sarung tangan dokternya ga kotor yeee.. hahahaa..

Kemudiaaaan.. *inhale exhale* operasi dimulai. Jeng jeeenngggg!!!!!!!!

Mataku ditetes obat bius lagi. Rasanya matanya jadi ga kering setelah ditetes obat ini. Selanjutnya, dokter berusaha membalikan kelopak mataku tapi rada susah karena bintitnya gede jadi bikin kelopaknya balik lagi ke posisi semula. Dasar nyusahin bgt nih super bintit! Setelah berhasil dibalikin, awalnya dokternya nusuk pake jarum dan setelah dikeluarin kata dokternya nanahnya dalem banget jadi harus rada di sayat. S-A-Y-A-T. Glekkk! Mateeeekk ——

Lanjut karena mau disayat, si dokter suntikin obat biusnya. Dokternya bilang dulu pas mau suntikin obat biusnya, ya prosedurnya bener sih, tapi aku makin ciuuuuuttt nyalinya. Tolong aku mau pingsan ajaaaaaaaa *lebay* Pas suntikannya mendarat di kelopak mata, aku sebenernya udah tau mau disuntik tapi tetep aja kaget jd matanya gerak sedikit. Ga sakit sih cuma kaget. Dokternya nyuruh aku diem ga gerak sedikitpun. Aku nurut aja lah, tapi tetep deg-degan nih jantung kayaknya lagi konser. Si dokter dengan hati-hati lanjut keluarin nanah di kelopak aku. Kerasa sih rada banyak gitu kayaknya, plus darahnya berasa menggenang gitu. Wajar sih, kan daerah wajah cepet pergerakan darahnya. Setelah selesai, dibalik balik kelopak mataku dikasih betadin yang banyak dan salep yang banyak juga. Agak perih sedikit pas kasih betadine, berasa cesss gitu. Sakitnya kayak perih digigit semut aja kok. Mataku diperban, kayak Jack Sparrow lah..

Operasi pengeluaran si super bintit ini berjalan selama sekitar 40 menit. Lumayan lama dibandingin sama pengalaman orang lain sih, dokternya telaten, ga buru-buru jadi ga berasa sakit lho. Ya sakit sedikit pas selesai sih, pas dikasih betadine. Dokter juga resepin aku obat minum antibiotik, Cataflam, Tobroson (setelah perban dibuka ditetes 1 jam sekali, besoknya tetes tiap dua jam sekali sampe nanti kontrol lagi), dan Cendo Xitrol cukup 3x sehari aja. Karena menurut dokter luka operasinya ada di kelopak luar juga, mata yang dioperasi ga boleh kena air selama 3 hari. Besoknya juga dokternya mau ketemu lagi untuk liat lukanya. Dokternya bilang lukanya agak besar karena bintitannya besar dan biar bersih keluar semua nanahnya. Tapi kali dilihat pake kasat mata ga besar sih lukanya, diujung mata aja. Masih harus kontrol lagi seminggu kemudian.

Biaya untuk insisi juga normal kok, Rp 715.000. Total-total plus sama biaya konsultasi, cek darah, obat dan pendaftaran jadi totalnya sekitar Rp 1,4 jt. Lupa persisnya berapa. Bayarnya juga ga ribet, plus apotiknya ga lama antrenya. Mungkin karena hari Senin pas jam sepi mungkin ya…

Inilah pengalaman aku operasi/insisi bintitan. Semoga ga keulang kedua kali, cukup sekali aja ya! Setelah ini harus jaga kebersihan pokoknya. Buat readers yang mau operasi bintitan, siapkan mentalmu, hohohoho *ketawa ala Throbbing Tonight* *halah itu kan komik jadul*

Advertisements

39 thoughts on “Pengalaman Insisi Bintitan

  1. Saya mau tanya bintitan yg anda alami itu dibagian luar kelopak mata atau dalam? Trs setelah insisi apakah bintitannya langsung hilang?
    senin kmrn saya habis melakukan insisi jg tp setelah buka perban dan masuk hari ke 4 mata saya yg bekas di insisi masih bengkak dan cenderung ga ada perubahan huhu

  2. Saya mau tanya bintitan yg anda alami itu dibagian luar kelopak mata atau dalam? Trs setelah insisi apakah bintitannya langsung hilang?
    senin kmrn saya habis melakukan insisi jg tp setelah buka perban dan masuk hari ke 4 mata saya yg bekas di insisi masih bengkak dan cenderung ga ada perubahan huhuhu

    1. Bintitan saya ada di dalam, jadi agak susah untuk sembuh, dan setelah insisi tidak langsung kempes. Sama kok πŸ™‚
      Bahkan ada benjolan baru lagi, hiks ;(
      Saya operasinya April dan baru total kempes November ini.
      Agak lama yaa…
      Sabar dan tetep dipake obatnya aja πŸ™‚

      1. Halo,
        Saran aku sih jangan deh, krn aku puasa pake make up mata dan tidak pake softlens hingga setahun lebih setelah insisi. Setelah insisi aja masih agak2 sakit rasanya dan masih ada benjolnya.

  3. Mata ku juga nii Bintitan udah 2blan, d’mata kiri atas bawah Mna bintitan nxa yg d’dalam lgi..
    Yg bawah malah gede bnget sampe udah puluhan Kaka tingkat aku d’kampus yg Nanya itu Mata knapa aduhhh Malu bangett deh jdi nxa >_<
    minum antibiotik, d'olesin pipis, d'olesin air liur yg pas bru bngun tidur, d'kasih bwang putih, d'kasih daun sirih, smua nxa udah tpi gak kempes"..
    Mau priksa k'dokter takut ntar d'insisi, baca Blog ini jdi tmbah ngeri mau insisi deh πŸ˜₯

  4. Pas di suntik rasanya gimana ? Apakah sakit banget ? Klo diliat di blog2 lain sih katanya sakit:3 Jadi ngeri mau di operasi nih. Apa kaget doang ?

  5. Mau nanya mbak,,, itu dalem kelopak matnya masih ada gak bintitan nya? Saya baru 2 minggu kmrin operasi ternyata pas liat nyoba di tilep sendri matnya benjolan kuningnya masih ada…apa emang gitu ya sebelum akhirnya ilang?

    1. itu di mana ya 1.9jt mahal banget. aku ada rencana mau operasi juga. dimana ya selain Jakarta Eye Center? rada ngeri juga kalo pake yang terlalu murah, tapi juga ga mo mahal2 amat (pedit ye)

  6. Itu fix biayanya 1.4jt mba????kebetulan keluarga saya sedang mencari klinik atau specialist mata buat operasi yg recommend.mohon pencerahanya yah mba

  7. duh sepengalaman nih, rasanya kaget dan ser~ser~an waktu liat jarum suntik di deket mata. sayang saya harus operasi sekali lagi karena bintinya ada dua diatas dan dibawah, tapi karena berhubung sudah ga kuat saya oprasi yang bawah duluan karna yang atas masih sakit jadinya tidak boleh di operasi dulu.
    oh iya proses hilang bengkaknya 8 bulan? waduh

  8. Kalo yg bintit di luar masih harus insisi juga? Saya udah cukup lama sih, sekitar 1 bulan, cuma nyoba pake bawang putih. Sekarang kayak ada luka item gituu. Aaaaaaaaaakkk!! Gimana dong?? Mana sebentar lagi masuk sekolah, ngemos adek kelas pulaa. Jadi ambrukk lahh pedenya πŸ˜₯ πŸ˜₯

  9. Saya juga mengalami hal yang sama, malah bintit udah lebih dari 6 bulan di kelopak mata kanan atas sampai akhirnya di insisi di Klinik Mata Nusantara Otista, Jakarta Timur.
    Saya operasi/insisi itu sekitar bulan oktober 2015, dan sampai sekarang bintit masih tetap ada, tidak berubah sama sekali. Malah kambuhan, kadang membesar.
    Tapi tidak sakit jika dipegang. Hanya menganggu penampilan.
    Biaya sekitar 1,3jt termasuk obat.
    Saya tidak balik lagi/komplain ke klinik mata nusantara tersebut karena sudah terlanjur malas.
    Sebelumnya sudah bolak balik dokter mata dan hasilnya tidak ada perubahan.

  10. Hai, saya juga lagi mengalami hal yang sama.
    Hampir putus asa juga karena bintit nggak kunjung sembuh padahal sudah di insisi sekitar bulan oktober 2015 dan sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali. Malah terkadang kambuhan, jadi membesar dan kemerahan, tapi tidak sakit jika disentuh.
    Biaya insisi/operasi sekita 1,3 juta di klinik mata nusantara daerah otista, Jakarta Timur.
    Saya tidak kembali lagi karena merasa malas, dan takut, soalnya operasi nya sakiiitt banget, cuma dibius lokal.
    Mohon infonya juga, apa setelah 8 bulan insisi, bisul hilang sama sekali atau masih ada bekas seperti benjolan sedikit?
    Dan apa selama 8 bulan tersebut tetap kontrol ke dokter mata tersebut dan minum/menggunakan obat luar?

    1. Halo,
      Sepengalaman aku memang setelah insisi ya sekitar setahun baru benar2 clear, dan dalam setahun memang masih rawan kambuh lagi.
      Sangat baik kalau setelah insisi tetap jaga kebersihan daerah muka terlebih mata dan tangan. Usahakan jangan pakai make up di sekitar mata.
      Selama setahun aku juga masih pakai obatnya sesekali kalau udah mulai terasa perih. Coba kontrol lagi saja, krn saya memang pernah kontrol setelah insisi dan diberi obat.

  11. Saya juga baru saja 2 minggu lalu dioprasi kecil, bintitan yang sudah hampir setahun yg lalu. operasi masih kerasa gan, meski dah dibius. krn sudah hampir menahun maka kya udah mengeras. Jadi, buat teman2 yg mengalami hal yang sama harus lebih lebih hati2 jangan menunda untuk diperiksa. Ini si bintit masih aja keliatan. mudah2 an rajin periksa jadi kempes deh.aminn

  12. Kemarin tanggal 20 februari 2016 saya operasi kalazion tapi sepertinya si kalazion ini hanya mengalami perubahan sedikit dengan sebelum di operasi, apakah saat insisi dokter nya tidak membersihkan secata total sehingga kalazion masih tetap ada atau akan hilang sendiri sepeti yg di bilang tadi butuh waktu 8 bulan? Saya takut dokter tsb tidak melakukan secara tuntas, karena operasinya sakit sekali jadi saya tidak mau kembali untuk operasi jika memang saya masih menderita kalazion yg masih sisa ini. Terimakasih mohon di jawab saya sangat membutuhkan informasi

  13. Saya juga bintitan nibudah 4 bulan , bintitan nya di plopak mata bagian luarr, ad yg tau nggak tempat oprasi di pontianak dan brapa biaya nyaa ,btolong yg tau komen

  14. Mau nanya, mba bilang biusnya pake obat bius tetes mata itu bener ya. Dl sy operasi di JEC biusnya pake suntik sekitar area mata dan sakit bgt. Skrg mataku tumbuh lagi si kalazion. Kalo mmg demikian pake bius tetes sy mau insisi lg. Kalo suntik bius jd takut.

    1. Halo, iya dulu saya juga disuntik biusnya, tapi dokter yg menangani sgt gentle sih jadi ga sakit. Emang pas awalnya kaget krn sakit bgt tp kalo dilemesin dan tenang ga sakit kok

  15. Apakah luka bekas operasinya bisa hilang ? karena saya taruma pernah operasi dan meninggalkan bekas luka pada mata kiri. Setelah bbrp tahun saya kena lagi tp dimata kanan dan udah mau 2 bulan ga ilang2 segala salep obat tetes sama kompres ga mempannn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s